Cara Mudah Bercocok Tanam Dengan Cara Hidroponik

Tempat Hijau - Hallo semua, kali ini saya akan membahas bagaimana bercocok tanam dengan cara hidroponik. Hidroponik berasal dari bahasa Yunani yaitu Hydroponic, Hydroponic dibagi menjadi dua suku kata yaitu hydro yang berarti air dan ponous berarti kerja. Sesuai dengan arti tersebut, bertanam secara hidroponik merupakan teknologi bercocok tanam yang menggunakan air, nutrisi, dan oksigen. Tak jarang bertanam hidroponik dijadikan hobi pengisi waktu luang bagi sebagian orang, bahkan tak sekedar hobi dan ada juga kemudian yang melanjutkan hingga menjadi bisnis.


Perbedaan yang paling menonjol antara hidroponik dan budi daya konvensional adalah penyediaan nutrisi tanaman. Pada budi daya konvensional, ketersediaan nutrisi untuk tanaman sangat bergantung pada kemampuan tanah menyediakan unsur – unsur hara dalam jumlah cukup dan lengkap.

Hidroponik biasa digunakan untuk menanam sayur dan buah. Bahkan beberapa tanaman sayur dan buah telah umum ditaman secara hidroponik. Sebut saja paprika, timun, tomat, dan sayuran hijau. Cara bertanam hidroponik paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan sistem wick. Kita bisa menggunakan berbagai bahan bekas seperti botol minuman mineral adalah yang paling sering kita lakukan terutama oleh para pemula.

Sebelum membuatnya kita siapkan dulu bahan-bahannya :
  1. Botol bekas minuman mineral 1,5 - 2 liter.
  2. Solder sebagai pelubang
  3. Gunting sebagai pemotong
  4. Media tanama seperti sekam bakar, cocopeat.
  5. Nutrisi hidroponik / pupuk hidroponik biasanya pakai Nutrisi Hidroponik AB Mix.
  6. Kain flanel.
Berikut ini adalah cara bercocok tanam hidroponik dengan sistem wick :

 
Untuk cara pembuatannya anda langsung aja baca pada gambar diatas.
Sekian dari saya, semoga bermanfaaat. ^_^

Related Posts:

1 Response to "Cara Mudah Bercocok Tanam Dengan Cara Hidroponik"

  1. Untuk harga nutrisi hidroponik mahal nggak mas? mau coba di praktekin nich...hehe

    BalasHapus