Cara Merawat Kelengkeng Pingpong Agar Berbuah Lebat

Tempat Hijau - Lengkeng Pingpong adalah lengkeng yang mempunyai ukuran cukup besar seperti bola pingpong. Jenis Lengkeng ini berasal dari Vietnam, dan baru masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu. Salah satu keunggulannya adalah bisa tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi, tidak seperti lengkeng lokal biasa yang hanya bisa berbuah baik jika ditanam di dataran tinggi.



Bila anda menjumpai buah kelengkeng yang berukuran besar bisa jadi itu adalah Kelengkeng Pingpong. Kelengkeng Pingpong merupakan jenis kelengkeng yang memiliki ukuran yang cukup besar sehingga dipersamakan dengan bola pingpong. Sebenarnya kelengkeng pingpong bukanlah tanaman asli Indonesia karena berasal dari Vietnam yang dibawa masuk ke Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Berbeda dengan kelengkeng lokal Indonesia yang hanya bisa berbuah dengan baik di dataran tinggi, Kelengkeng pingpong bisa tumbuh dan berbuah pada tanah dataran rendah.

Kelebihan Kelengkeng Pingpong

Kelengkeng pingpong memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan kelengkeng lain sehingga sangat ccocok untuk dibudidayakan. Selain bisa tumbuh di dataran rendah kelengkeng pingpong memiliki ukuran buah yang besar sebesar bola pingpong. Dari sisi usia kelengkeng pingpong dapat berbuah dengan cepat yaitu pada usia 1.5 tahun sudah bisa mulai berbuah. Bila buah-buahan lain rata-rata berbuah satu tahun sekali, kelengkeng pingpong dapat berbuah lebih dari satu kali dalam satu tahun. Boleh dikatakan Kelengkeng Pingpong berbuah dengan tidak mengenal musim karena buah bisa tumbuh dari ranting-ranting secara bergantian. Bagi masyakat perkotaan yang memiliki lahan terbatas, kelengkeng pingpong bisa ditanam pada lahan sempit bahkan pada media pot. Dengan beberapa kelebihan terdebut membuat kelengkeng pingpong menjadi potensi agrobisnis yang cukup mengiurkan.

Beberapa cara yang umum yang dapat dilakukan agar pingpong berbuah lebat adalah sebagai berikut. Intinya adalah bagaimana caranya agar pada tanaman pingpong tumbuh banyak cabang atau ranting dari tanaman ini, sehingga pucuk yang dapat menghasilkan buah bertambah banyak..


Perawatan kelengkeng pingpong agar berbuah lebat.
  • Pemangkasan
Pemangkasan dapat dilakukan sebelum tanaman mulai belajar berbuah. Pemangkasan dilakukan minimal 40 cm dari pangkal cabang. Misalkan tanaman anda memiliki cabang utama sebanyak tiga buah. Cabang ini kemudian dipangkas, sehingga dua atau tiga minggu kemudian akan tumbuh cabang baru di tempat pangkasan tadi. Pemangkasan juga perlu dilakukan sekaligus saat  panen buah. Buah tidak dipetik tetapi dipotong sekalian dengan rantingnya agar tumbuh tunas-tunas baru.

  • Pengeratan
Pengeratan pada cabang atau batang kelengkeng dapat merangsang pertumbuhan cabang baru. Cabang-cabang baru ini akan muncul dari bawah keratan. Hal ini  bisa  terjadi karena hormon auksin yang berperan dalam pertumbuhan vegetatif ke arah atas terhambat terdistribusi sehingga cabang baru muncul. Kerat cabang yang dikehendaki secara melingkar berbentuk cincin agar tumbuh ranting-ranting baru. Tidak perlu terlalu lebar cukup dengan lebar keratan sepanjang  kurang lebih 2 milimeter saja.

  • Perundukan Horizontal
Selain pemangkasan dan pengeratan untuk merangsang pertumbuhan cabang baru dengan buah yang lebat dapat dilakukan dengan merundukkan cabang-cabang yang ada agar posisinya menjadi mendatar. Caranya cabang yang tumbuh lurus ke atas ditarik ke arah samping dalam posisi mendatar, agar cabang tidak balik lagi, perlu diberi patok kayu dan ditali.

  • Pemupukan lebih Intensif
Seiring dengan banyaknya cabang atau ranting yang tumbuh, agar pohon kelengkeng berbuah lebat harus diimbangi dengan pemupukan yang intensif. Pupuk kandang dapat diberikan lebih sering dari dua kali setahun menjadi tiga hingga empat kali setahun.

Demikian adalah cara merawat kelengkeng pingpong agar berbuah lebat.

Related Posts:

13 Responses to "Cara Merawat Kelengkeng Pingpong Agar Berbuah Lebat"

  1. belum punya pohonya mas, harus nya cari bibitnya dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cepat ketemu ya mas bibitnya. hehe..

      Hapus
  2. Aku baru tahu jika ada kelengkeng yang ukurannya agak besar. kelengkeng ping pong. Pemupukan harus lebih rajin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas karena klengkeng jenis ini jarang dijual ditoko buah.

      Hapus
  3. Cari bibit lengkeng pingpong susah ya mas...pernah beberapa waktu yg lalu seorang teman minta diantar beli bibitnya. udah muter-muter nggak nemu juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak juga mas didaerah saya ada kok. mungkin didaerah mas yang belum terlalu populer..

      Hapus
  4. Pak mau tanya...Pengeratan selebar 2cm apa dg cara mengelupas kulit batangnya?seperti mencangkok..Matur suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas dikelupas kulitnya tapi sedikit aja sekitar 2mili bukan 2cm

      Hapus
  5. ada rekomendasi yang jual bibit lengkeng online g om, soalnya daerah saya belum ada yang jual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari di BUKALAPAP atau OLX ada om..

      Hapus
  6. Terimakasih tipsnya, alhamdulillah ane berhasil, tajuk bunga Kelengkeng: http://youtu.be/PthSuiWIbhU

    BalasHapus
  7. Kami menyediakan bibit kelengkeng pingpong hub 085212140433

    BalasHapus
  8. Pak, kelengkeng pingpong saya bijinya besar tp dagingnya tipis kenapa ya?
    Klo manis nya.....terasa manis sekali.
    Terima kasih untk infonya

    BalasHapus