Macam Macam Jenis Kelengkeng Dan Cara Membedakannya

Tempat Hijau - Lengkeng (juga disebut kelengkeng, matakucing, longan,[butuh rujukan] Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara.

Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1–20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5–20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.

Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), 4–80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm.

Lengkeng atau kelengkeng mempunyai banyak macam dan jenis diantaranya sebagai berikut.

1. Lengkeng Diamond River



- Tajuk Daun.
Dari pengamatan yang saya lakukan kelengkeng jenis Diamon river ini cenderung memiliki tajuk daun yang rimbun melebar ke samping.

- Percabagan

Ciri lainnya adalah percabangan yang cukup  banyak, Ciri lainya yang mudah di kenali  adalah kenis percabangan yang cukup banyak, itu sebabnya kelangkeng ini sangat cocok di tanam di dalam POT.

- Bentuk Daun

Ciri khas daunnya adalah berwarna hijau cerah, lebar, dan ciri yang paling dominan adalah tepi an daun sedikit bergelombang

- Buah

Nah sekarang kita berbicara buah, buah varietas Diamon river cenderung berair, jangan heran kalau kita habis menikmati buah kelengkeng di tangan agak lengket (pliket Bhs. Jawa)

2. Lengkeng Kristalin



Lengkeng ini di namain Kristalin karena daging buahnya bening sehingga biji buahnya cenderung kelihatan.Rasa dan aromanya sangat menawan, dan bila berbuah keistimewaan lengkeng ini semua pucuk berbuah dengan serentak.

Jenis ini merupakan jenis kelengkeng modern, artinya dalam satu pohon ini sudah terdapat bunga jantan dan bunga betina. Jadi dengan hanya menanam satu pohon saja sudah bisa dipastikan dapat berbuah.

Berikut adalah keistemewaan dari kelengkeng Kristalin :
  • Hanya dalam 1 tahun sejak bibit ditanam, sudah menghasilkan buah.
  • Jumlah dompolan tiap pohon lebih banyak.
  • Jumlah buah tiap dompolan lebih banyak.
  • Daging buah lebih tebal.
  • Rasa daging buah lebih manis.
  • Aroma buah lebih tajam.

3. Lengkeng Pingpong



Jenis lengkeng ini sangat spektakuler karena buahnya besar hampir sebesar bola pingpong.Aroma wangi dari lengkeng ini sangat khas dan manisnya tidak kepalang tanggung ( sebagian orang bilang manisnya kelewatan ).Sayang pertajukan lengkeng ini tidak selebat / serimbun jenis yang lain.Walaupun kita bisa membuat lengkeng ini menjadi lebat dengan mengatur pertumbuhan tajuk lengkeng jenis pingpong ini.

4. Lengkeng Puan Ray


Dimocarpus longan Puang Ray. Longan/Dragon Eyes (Eng.). Berasal dari Thailand dan adaptif dataran rendah. Jumlah buah lebih lebat daripada 'Pingpong', berdaging tebal, dan berbiji kecil. Daging buah tidak berair seperti varietas 'Diamond River'. Satu lagi kelebihan 'Puang Rai’ pada umur setahun pascasambung sudah dapat berbuah. Sifat genjah itu didukung dengan frekuensi berbuah yang tinggi meski tanpa perlakuan khusus

Jenis lengkeng satu ini di percaya membawa keunggulan lengkeng Diamond River dan lengkeng Pingpong dalam satu buah.Kelebihan lain daging buahnya cenderung lebih kering dan biji buahnya kecil.

5. Lengkeng Aroma Durian



Daging buah dari " mata naga " ini terasa ada paduan rasa, antara khas lengkeng dengan durian setengah matang ( mengkel - red bhs Jawa ), begitu juga di aroma buahnya.Jenis aroma durian ini di percaya ada pertalian dengan Varietas pingpong.Pada kondisi tanaman normal, besar buahnya hampir sebesar buah dari lengkeng pingpong.Jenis lengkeng ini percabangannya banyak sehingga untuk membuat rimbun pada jenis aroma durian ini sangat mudah.

6. Lengkeng Satu Jari - Pucuk Merah


Lengkeng ( longan ) ini jenis buahnya mirip lengkeng aroma durian, yang membedakan adalah warna kulit di saat masak.Lengkeng Satu Jari akan berwarna gading ke-kuningan sedang aroma durian buah masak akan berwarna putih, selain itu aroma duriannya " khas lengkeng Aroma Durian " tidak terdapat pada lengkeng satu jari ini.

Mungkin karena ada pertalian dengan lengkeng pingpong pula,aroma buah dari satu jari ini mirip aroma lengkeng pingpong.Besar buahnya pada kondisi maksimal sebesar buah lengkeng pingpong - cuma kalau satu jari ini bijinya lebih kecil di banding biji lengkeng pingpong.Fisik daun lengkeng satu jari juga sangat berbeda dengan lengkeng aroma durian, kalau lengkeng aroma durian diantara urat - urat daunnya cembung sedang satu jari lurus ( rata ).Besar daunyapun pada kondisi sama - sama normal akan jauh lebih besar daun lengkeng satu jari ( daun aroma durian 1/2 dari daun lengkeng satu jari ).

7. Kelengkeng Merah atau Ruby Longan


kelengkeng merah atau dikenal dengan kelengkeng rubi longan memang tergolong salah satu buah yang ekslusif. Pasalnya kelengkeng ini produksinya sendiri masih terbatas. kelengkeng merah memiliki keunggulan pada penampilan yang menarik apalagi ketika melihatnya pada saat berbuah. Dompolan buah berwarna merah seronok senada dengan warma daun yang merah kecokelatan. Sosoknya pendek dan rajin berbuah menjadi keunggulan tersendiri. Yang membuat kelengkeng merah makin istimewa adalah kelengkeng ini mempunyai citarasa yang memiliki tingkat kemanisan paling tinggi mencapai 21 briks.

Kelengkeng merah atau Ruby Longan sangat cocok untuk pecinta tanaman buah yang supersibuk, hal ni dikarenakan dalam proses perawatannya tidak membutuhkan perlakuan yang khusus. boleh dikatakan kelengkeng merah cocok jika ditanam di dalam pot atau tabulampot. kelengkeng merah juga cukup aditif diberbagai ketinggian tempat dan mampu berbuah tanpa bantuan perangsang, berbeda dengan jenis kelengkeng lainnya yang memerlukan bantuan perangsang untuk menghasilkan buah.

Baca juga : Khasiat dan Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan Tubuh 

Related Posts:

9 Responses to "Macam Macam Jenis Kelengkeng Dan Cara Membedakannya"

  1. Mari budidayakan buah lokal agar lebih berkualitas unggul dan juga tak kalah kualitasnya dengan buah-buahan impor...
    bibit tanaman buah (bibit jeruk,kelengkeng,durian dll)

    BalasHapus
  2. mohon info pak bagaimana mendapat bibit kelengkeng merah tsb ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari do OLX atau BUKALAPAK biasanya ada yang jual

      Hapus
  3. Saya sdh pny yg matalada, ruby longan, kristalin.. Klo new kristal, itoh, pingpong sdh sm tmn2. Tgl bbrp jenis lg yg blm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn perlakuannya?brp taun bru berbuah

      Hapus
    2. Mhn izin bg yg tau bedanya klengkeng kristal dg newkristal?

      Hapus