Komposisi Media Tanam Untuk Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot)

Tempat Hijau - Pada kesempatan kali ini akan share tentang cara meracik media tanam tabulampot sesuai kebutuhan tanaman buah. Menanam tanamann buah dalam pot (tabulampot) memang menyenangkan apa lagi kalau bisa berbuah, pasti ada kepuasan tersendiri. Taukan anda menanam tanaman buah dalam pot tidak boleh sembarangan bila ingin memperoleh tanaman sehat dan berbuah lebat.


Salah satu hal terpenting yaitu bibit yang akan kita tanam harus bibit unggulan. Asal tanaman penting diketahui untuk menentukan komposisi media yang dipakai. Tanaman mangga, jambu air, belimbing, dan buah naga, berasal dari daerah beriklim kering, sehingga komposisi media perlu mengandung pasir. Komposisi media untuk tanaman-tanaman itu adalah pasir, pupuk kandang, dan tanah dengan perbandingan 3:1:1.

Bila tanaman berasal dari daerah beriklim basah seperti rambutan, manggis, atau gandaria, komposisi media terdiri atas pasir, pupuk kandang, dan tanah dengan perbandingan 1:2:2.
Untuk tanaman jeruk, nangka, srikaya, sawo, dan tanaman lain yang adaptif di daerah beriklim kering dan iklim basah, dapat menggunakan komposisi media pasir, pupuk kandang, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1.

Supaya tabulampot berbuah lebat selain komposisi media tanam tepat, perlu diimbangi dengan pemupukan yang tepat dan rutin. Yang paling bagus hasilnya mengunakan pupuk yang dibuat dari bahan-bahan 2 bagian kotoran kambing yang telah disimpan 1-2 minggu dicampur dengan 1 bagian arang sekam dan 10% dedak halus. Bahan-bahan itu dicampur menjadi satu lantas disiram larutan EM4. Tutup menggunakan karung goni dan peram selama 1 minggu sebelum dipakai.

Yang perlu diingat pula untuk menjaga porositas media jangan lupa mengalasi bagian bawah drum yang telah dilubangi di lima titik dengan pecahan batu bata dan ijuk. Hal itu untuk mencegah genangan air dan menjamin sirkulasi udara di media berjalan lancar.

Sekian artikael kali ini, semoga bermanfaat. ^_^

Related Posts:

1 Response to "Komposisi Media Tanam Untuk Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot)"