Manfaat Jambu Biji Merah Dalam Pengobatan Penyakit Dan Kesehatan

Tempat Hijau - Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Warna daging jambu biji yang merah mengidikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah jambu biji sangat cocok sekali dikonsumsi di siang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan.


Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari buah jambu biji :
  • Rendah lemak dan kalori
Jambu biji rendah lemak dan kalori , dan  mengandung beberapa macam vitamin penting, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid, yaitu  senyawa yang penting untuk pencegahan kanker, anti-penuaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dll.
  • Kaya kandungan serat
Buah jambu biji sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), sehingga bisa menjadi pencahar yang baik. Serat membantu melindungi selaput lendir pada usus,  dengan mengurangi waktu paparan racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
  • Jambu biji-buah adalah sumber antioksidan vitamin-C.
Buah jambu segar sebanyak 100 gram mengandung 228 mg vitamin C, lebih dari tiga kali DRI (asupan harian yang disarankan). Kulit luar jambu yang tebal mengandung vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya.
  • Sumber vitamin A dan flavonoid
Buah jambu juga sumber vitamin-A, dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa ini dikenal memiliki sifat antioksidan,  dan sangat penting untuk kesehatan. Vitamin A  diperlukan tubuh untuk menjaga selaput lendir dan kulit gara tetap sehat. Buah jambu segar alami kaya akan karoten,  yang dikenal untuk melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut.
  • Buah jambu segar adalah sumber yang sangat kaya kalium.
Berisi lebih banyak kalium dibandingkan buah-buahan lainnya,  seperti pada buah pisang. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  • Sumber kaya vitamin B kompleks
Buah jambu juga merupakan sumber vitamin B kompleks,  seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6-(pyridoxine), vitamin E dan K, serta mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.
  • Menurunkan Berat badan:
Jambu biji sangat berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa kompromi dengan asupan protein, vitamin dan serat. Jambu,  sangat tinggi serat dan sangat kaya vitamin, protein dan mineral, tetapi tidak ada kolesterol dan karbohidrat sulit cerna, sangat mengenyangkan dan memuaskan nafsu makan dengan mudah. Jambu biji mentah khususnya, juga memiliki jumlah gula yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya.
  • Mengobati Diare & disentri:
Jambu biji sangat kaya astringent, yaitu senyawa yang membuat gusi terasa lebih kencang dan segar. Namun ini bisa didapat setelah mengunyah daun jambu,  atau makan jambu biji yang masih mentah atau untuk dipakai sebagai pasta gigi. Selain itu, makan jambu mentah atau daunnya yang muda bisa menyembuhkan diare.
  • Mengobati Sembelit:
Jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan. Bijinya, jika ditelan utuh atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik. Sifat dari  jambu biji ada dua, yaitu membantu membentuk perut, menahan air dan membersihkan usus dan sistem ekskresi secara menyeluruh. Dikatakan bahwa sembelit dapat menyebabkan 72 jenis penyakit, dan hal ini benar-benar mutlak. Segala macam untuk kesehatan pencernaan yang paling penting adalah ekskresi yang tepat.
  • Batuk & demam:
Jus jambu biji mentah  atau rebusan daun jambu biji sangat membantu meredakan demam dan batuk , dengan jalan melonggarkan batuk, mengurangi lendir, desinfektan saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru dan menghambat aktivitas mikroba . Jambu biji adalah salah satu sumber tertinggi vitamin C dan zat besi, di antara berbagai macam buah-buahan. Hal ini telah terbukti membantu pencegahan terhadap infeksi dan serangan virus.
  • Perawatan kulit:
Jambu dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, dan dapat terhindar dari masalah kulit lebih terbaik dari krim kecantikan kulit. Hal ini karena banyaknya astringents dalam buah-buahan jambu yang (lebih banyak yang belum matang) dan pada daun. Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari buah ini  dengan memakan buah, untuk mengencangkan otot. Atau dengan mencuci kulit Anda menggunakan air rebusan buah dan daun jambu yang tua, untuk mencerahkan  dan mengencangkan kulit kendur. Selain astringents, jambu biji sangat-sangat kaya akan vitamin-A, B, C dan kalium yang merupakan anti oksidan sangat baik untuk pendetoks dan menjaga kulit bersinar dan bebas dari keriput akibat proses penuaan dan gangguan lainnya.
  • Tekanan darah tinggi:
Jambu biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah,  dan mencegah dari penebalan, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa,  bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) akan menambah tekanan darah, karena akan terkonversi secara cepat menjadi gula. Jambu, sangat kaya serat alami dan hipoglikemik, dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Mengobati Kudis:
Jambu biji mengalahkan banyak buah-buahan lainnya dalam hal vitamin C, termasuk buah jeruk lemon dan lainnya.Konsentrasi vitamin C, akan menyebabkan kuman penyebab kudis akan berkurang dan menghilang. Vitamin C pada jambu  lima kali lipat daripada Vitamin-C dalam jeruk.

Fakta bahwa jambu biji membantu mengendalikan diabetes, sumber Lypocene yang mengurangi risiko kanker. Jus daun jambu sebagai obat sakit gigi, gusi bengkakl, menyembuhkan luka bila digunakan secara eksternal, kejang, epilepsi, infeksi bakteri dsb.

Related Posts:

3 Responses to "Manfaat Jambu Biji Merah Dalam Pengobatan Penyakit Dan Kesehatan"

  1. Yak...benar sekali mas...Buah jambu biji memang kaya akan vitamin terutama vitamin C. Kandungan Vitamin C nya mengalahkan vitamin C pada buah jeruk.

    Dan satu lagi, buah jambu biji sangat nikmat di bikin juz

    BalasHapus