Macam Macam Tanaman Bunga Yang Dapat Dijadikan Bonsai

Tempat Hijau - Bonsai (盆栽?) adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Penanaman (sai, 栽) dilakukan di pot dangkal yang disebut bon (盆). Istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai (盆栽).

Tanaman bonsai ternyata bisa juga dibuat dari jenis tanaman bunga, selain bentuk bonsai yang menarik bonsai yang terbuat dari tanaman bunga ini juga memiliki keindahan tersendiri karena saat tanaman berbunga akan terlihat lebih indah.


Berikut ini adalah contoh tanaman berbunga yang dapat atau cocok dijadikan bonsai.

1. Azalea (Rhododendron indica) 

Sumber: http://www.batemansbaybonsai.com

- Tanaman azalea berasal dari dataran Cina dan Jepang.
- Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna merah ungu mencolok.
- Azalea merupakan jenis perdu yang tingginya hanya 1 – 2,5 m.
- Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau, berukuran kecil agak bulat. 

2. Bugenvil (Bougainvillea sp.)

Sumber: http://artofbonsai.org
- Tanaman ini mempunyai banyak duri yang tajam dan runcing.
- Memiliki bunga yang indah.
- Tanaman ini diduga berasal dari Brazil.
- Tanaman ini cocok di tanam pada ketinggian 1 – 1.400 m dpl.
- Merupakan tanaman perdu atau liana yang dapat mencapai tinggi 5 – 15 m.
- Batangnya dapat tumbuh membesar dan daunnya tersebar hingga berhadapan.
- Bentuk daun bulat telur atau elips.

3. Cempaka kuning (Michelia champaca)



- Nama lain dari tanaman ini yaitu kantil.
- Sering dikelirukan dengan cempaka kembang yang berupa perdu dengan tinggi 2 – 5 m.
- Cempaka kuning yang berasal dari India, pohonnya dapat mencapai tinggi 15 – 25 m.

4. Kaca piring (Gardenia augusta)

Sumber: https://www.bonsai-art.com
- Tanaman ini berasal dari dataran Cina dan Jepang.
- Tanaman ini toleran terhadap ketinggian tempat. Kaca piring di habitat aslinya berupa perdu tegak yang tingginya mencapai 1 – 2 m.
- Daun dan ranting mudanya tertutup oleh lapisan hars yang mengkilap. Daun tanaman ini berhadapan atau berkarang tiga.

5. Kembang jepun (Acacia valenciana)

Sumber: http://www.bonsai-made-easy.com
- Nama lain dari tanaman ini yaitu pung atau kembang nagasari.
- Perdu yang menyerupai pohon ini asalnya dari dataran Amerika tropis.
- Tanaman ini cukup toleran terhadap kekeringan. Banyak kembang jepun yang dijumpai hidup liar di daerah kering.
- Tinggi sebenarnya dari tanaman ini di alam bebas dapat mencapai 1 – 3 m.
- Daunnya panjang dengan 2 – 8 pasang sirip.

6. Kemuning (Murraya paniculata)

Sumber: http://ibonsaiclub.forumotion.com
- Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar atau tanaman hias.
- Tanaman ini di alam bebas berupa pohon atau perdu yang tidak terlalu tinggi yaitu antara 3 – 7 m.
- Daunnya terdiri atas rangkaian 3 – 8 anak daun, bentuknya elips memanjang atau bulat terbalik.
- Bunganya terbentuk dalam rangkaian. Satu rangkaian terdiri atas 1 – 8 bunga. Bunganya terkenal harum sekali.

Related Posts:

15 Responses to "Macam Macam Tanaman Bunga Yang Dapat Dijadikan Bonsai"

  1. BoNsai nya keren keren banget...jadi ngiler nih...gan..

    BalasHapus
  2. Tanaman tanaman jenis ini sangat cocok dipajang disudut sudut ruangan mas, warna yang begitu indah tidak memakan tempat... Pastinya baguslah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengkerdilkan tanaman ini apa ada cara khusus mas... Apa memang sdh kerdil dari sononya... ?

      Hapus
    2. ada mas salah satunya dengah sering2 memangkas dau atau batangnya biar rapi, dan juga klo sudah lumayan lama media tanahnya diganti baru dan memotong beberapa akar yg tidak perlu. dan ditempatkan pada pot yg sama atau lebih kecil

      Hapus
  3. bonsai sangat menarik, keren untuk pajangan di rumah

    dalam prosesnya merupakan keindahan penuh penyiksaan tanaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas selain enak dilihat juga, hemat tempat

      Hapus
  4. Abis baca artikel ini jadi kepengen punya tanaman bonsai juga,,, kayaknya perawatannya juga gak terlalu susah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, juga bagus dipandang..

      Hapus
  5. Yg pink itu keren ya. Tpi aku cari pohon yg rindang, tpi akarnya gak besar, ada gak ya

    BalasHapus
  6. bonsai bugenvil paling keren itu hehehe

    dulu orang tua saya pernah beli bonsai juga, tapi dulu banget hehe

    jadi tertarik

    BalasHapus
  7. Wah keren2bpohon binsainya..Thanks dh share kawan.

    BalasHapus
  8. bagus bagus mas bonsainya mas.
    bisa di coba nih bikin bonsai.
    sepertiny saya punya salah satu tanamannya. cuman bentuknya aja ga bagus kaya gitu

    BalasHapus
  9. Itu yang azalea cantik bangeeet....

    BalasHapus
  10. Bonsai nya Bagus2,kayak d rumah nenek ane yg bugenvil.. Hehe

    BalasHapus