Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Timun (Mentimun) Untuk Kesehatan

Tempat Hijau - Bagi kalian yang pasti sudah tidak asing lagi sama yang namanya timun atau mentimun. Timun yang kita kenal biasanya paling banyak kita jumpai yaitu digunakan sebagai lalapan makan, atau juga bisa dimakan langsung timunnya.

Mentimuntimun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.


Mentimun atau timun ini ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan, berikut ini adalah kandungan nutrisi dan manfaat yang terdapat pada mentimun / timun.

Kandungan Nutrisi Pada Mentimun per 100 gram


Manfaat Mentimun Untuk Kulit
Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.


Manfaat Timun Untuk Kesehatan
Selain bermanfaat untuk kulit anda, timun ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Timun memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga dengan mengkonsumsi timun dapat membantu Anda dalam mengatasi sembelit. Manfaat timun lainnya yaitu dapat melancarkan pencernaan, ini karena kulit timun memiliki kandungan serat yang tinggi. Manfaat lainnya dengan mengkonsumsi mentimun yaitu dapat menyehatkan ginjal, mencegah diabetes, mengurangi resiko terkena kanker, menyembuhkan sakit kepala, menghilangkan racun, menguatkan tulang dengan kandungan vitamin K yang dimiliki dan juga menghambat penyakit Alzheimer

Manfaat Timun Untuk Ibu Hamil
Yang lebih mengejutkan lagi, Manfaat timun juga ada. Manfaatnya yaitu dapat membantu tumbuh kembangnya otak dari janin karena timun memiliki kandungan omega 3. Selain itu, manfaat lainnya pada ibu hamil yaitu dapat membuat bibir rahim sang ibu menjadi lebih elastis saat melahirkan. Ternyata ada banyak sekali manfaat dari timun, bukan hanya untuk kecantikan wajah tetapi juga baik untuk kesehatan. Itulah beberapa manfaat timun yang dapat disampaikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda semua dan terimakasih telah membaca

Sekian dulu info kali ini tentang Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Timun (Mentimun) Untuk Kesehatan semoga bermanfaat...

Related Posts:

2 Responses to "Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Timun (Mentimun) Untuk Kesehatan"

  1. kalo mentimun benarkah gak baik buat pertumbuhan rambut kita apalagi bisa menyebabkan kebotakan

    BalasHapus
  2. Cocok ini Khasiat Dan Manfaat Timun Untuk Ayam ya gan... Thanks atas informasinya :)

    Ditunggu artikel berikutnya yaa :)

    BalasHapus