Budidaya Tanaman Kelengkeng Merah (Ruby) Di Dalam Pot (Tabulampot) Beserta Perawatannya

Tempat Hijau - Hllo sobat semua, bagi kalian mungkin ada yang belum tau apaitu Tabulampot.? Tabulampot adalah singkatan menanam buah pot yang lebih bagus dan tidak memerlukan ruang tempat yang terlalu banyak.selain itu,Tanaman buah tabulampot juga akan lebih produktif tanpa mengenal waktu musim ia akan selalu berbuah.

Kelengkeng merah atau Ruby Longan sangat cocok untuk pecinta tanaman buah yang supersibuk, hal ni dikarenakan dalam proses perawatannya tidak membutuhkan perlakuan yang khusus. boleh dikatakan kelengkeng merah cocok jika ditanam di dalam pot atau tabulampot. kelengkeng merah juga cukup aditif diberbagai ketinggian tempat dan mampu berbuah tanpa bantuan perangsang, berbeda dengan jenis kelengkeng lainnya yang memerlukan bantuan perangsang untuk menghasilkan buah.


Berikut ini adalah cara budidaya tanaman kelengkeng merah (Ruby) di dalam Pot (Tabulampot) :

  • Langkah pertama adalah siapkan pot sebagai tempat bibit kelengkeng yang sesuai dengan ukuran bibit. bahan pot bisa terbuat dari plastik, kayu, tanah liat. pastikan pot tersebut memiliki beberapa lubang dibagian bawahnya.
  • Setelah itu. Letakkan pecahan genting atau bata merah setebal 5 cm dan ijuk di dasar pot. hal ini bertujuan agar dapat mengalirkan air pada saat penyiraman.
  • Siapkan media tanam berupa tanah, pupuk kandang fermentasi, sekam bakar, dan serbuk sabut kelapa. Campur media, lalu masukkan ke dalam pot.
  • Tanam bibit kelengkeng merah tepat ditengah-tengah pot . Pasang ajir / penyangga dalam pot agar bibit tidak gampang roboh. Lalu taburkan anti cendawan berbahan aktif karbofuran.

Untuk Perawatan budidaya Kelengkeng Merah :
langkah selanjutnya adalah perawatan kelengkeng merah dalam pot yang meliputi penyiraman, pemupukkan, pencahayaan, atau pemangkasan.

  • Setiap 1 minggu siramkan vitamin sebanyak 1 ml per liter air selama 3 minggu berturut-turut.
  • Saat tanaman berumur sebulan berikan pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 20:20:20 dengan dosis 0,75 gram per liter air. Kemudian semprotkan rutin seminggu 2 kali hingga tanaman berumur 5-6 bulan atau tajuknya rimbun. 3. 3. 3. Pangkas tajuk agar percabangan tanaman bagus.
  • Saat tanaman berumur 6 bulan, semprotkan pupuk cair NPK yang mengandung kadar fosfor dan kalium tinggi dengan perbandingan (6:30:30) berdosis 0,7 ml per liter air.
  • Aplikasinya setiap minggu hingga tanaman berbunga dan calon buah muncul.
  • Saat muncul calon buah, hentikan pemupukan dan lanjutkan kembali saat buah seukuran kacang tanah.
  • Buah siap dipanen bila mengeluarkan aroma khas kelengkeng.

Related Posts:

1 Response to "Budidaya Tanaman Kelengkeng Merah (Ruby) Di Dalam Pot (Tabulampot) Beserta Perawatannya"

  1. Ini klengkeng ya mas? hampir mirip dengan sawo merah ya mas?

    BalasHapus