Macam Macam Jenis Buah Naga

Tempat Hijau - Hallo pemirsa kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Buah naga merupakan tanaman dari jenis kaktus. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini beberapa tahun belakangan menjadi populer di masyarakat. Saat awal kemunculan buah ini di Indonesia cukup membuat heboh karena bentuk buah yang tidak biasa ditambah dengan harganya yang cukup mahal.


Buah naga ternyata mempunyai banyak jenis, mungkin dari kalian masih banyak yang belum tahu kan.? saya sendiri juga baru tahu kalau mempunyai lebih dari dua jenis, saya awalnyan cuma tahu dua jenis aja yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Oke langsung aja lihat apa saja sih jenis buah naga itu.?

Berikut adalah Macam Macam Jenis Buah Naga :

  • Buah Naga Putih

Jenis buah naga putih merupakan varietas yang paling sering ditemui. Buah naga jenis ini merupakan jenis buah yang paling mudah untuk dibudidayakan, bahkan hanya dengan menggunakan media pot tanaman saja buah naga putih sudah bisa tumbuh subur.

Bila dilihat sekilas buah naga putih memiliki warna kulit merah cerah dengan ujung sisik berwarna kehijauan. Buah ini memiliki rasa asam dan sedikit manis, cocok untuk diolah menjadi es buah atau salad buah.

  • Buah Naga Merah

Sekilas tampilan buah naga merah hampir sama dengan buah naga putih, hanya saja buah naga merah warna kulitnya lebih merah pekat. Bagian daging buah naga merah memiliki warna merah marun. Buah naga jenis ini memiliki tekstur daging buah yang lebih berair dibandingkan dengan buah naga putih.

Rasa buah naga merah lebih manis dan harga yang ditawarkan juga cukup mahal, yakni dua kali lipat dari harga buah naga putih. Rasa manis dari buah naga merah sangat cocok untuk disantap langsung atau diolah menjadi smoothie atau jus buah.

  • Buah Naga Kuning

Jenis buah naga yang satu ini terlihat berbeda dengan kedua buah naga sebelumnya. Buah naga ini memiliki warna kuning cerah pada bagian kulit dan bagian buah memiliki warna putih cerah.

Ukuran buah naga kuning bisa dibilang lebih kecil dibandingkan dengan buah naga jenis lain. Keberadaan buah naga kuning di Indonesia masih cukup langka, hanya beberapa pasar swalayan modern yang menyediakan buah ini dan harga yang ditawarkan juga cukup tinggi.

  • Buah Naga Hitam

Buah naga hitam mungkin masih terasa asing di Indonesia karena memang belum banyak masyarakat yang mengetahui adanya buah ini. Hal itu cukup wajar, karena buah naga hitam belum lama dibudidayakan dan keberadaannya masih sangat terbatas.

Sesuai dengan namanya daging buah naga hitam berwarna hitam pekat. Warna hitam pekat pada daging buah ini berasal dari pupuk alami yang bernama black natural. Pupuk alami ini bisa meningkatkan kandungan betakaroten pada buah naga sehingga membuat warna dagingnya berubah menjadi hitam pekat.

Sekian info buah naga kali ini tentang buah naga semoga bermanfaat bagi anda. ^_^
Baca juga :
- Manfaat Buah Naga Untuk Ibu HamilInfo
- Manfaat Buah Naga Untuk Tubuh Kita

Related Posts:

3 Responses to "Macam Macam Jenis Buah Naga"

  1. Sama mas, saya juga baru tau dan baru merasakan dua jenis yaitu putih dan merah..dari kedua jenis ini menurut saya yg paling enak ya naga merah. nggak tau kalau yg kuning dan hitam, belum pernah merasakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mas, baru merasakan dua jenis merah dan putih.

      Hapus
  2. Baru merasakan merah dan putih juga, tapi prefer yg putih karena lebih seger dan buahnya rata2 lebih besar :D
    ==
    pengalaman di kebun kecil keluarga untuk nanam yg putih lebih mudah, dan yg merah bisa berbuah namun buahnya tidak bisa besar seperti yg putih.

    untuk yang kuning gak bisa sampe berbuah dengan sempurna.

    BalasHapus